Move On Bukan Tentang Melupakan

watch_later
Terjebak dalam kubangan kenangan tentu bukan hal yang baik, terlebih hal tersebut membuat kamu tidak dapat maju dalam segala aktifitas. Usaha untuk move on seperti sudah dilakukan, namun sering kali gagal dalam prosesnya. Kamu pernah mengalami hal tersebut? mungkin kamu melakukan kesalahan saat move on. Sekeras apapun usaha yang kamu lakukan, saat kamu masih melakukan kesalahan ini kamu akan tetap merasa sulit untuk move on.

Apa sih kesalahan saat move on kamu? Satu kunci saja kesalahan yang kamu lakukan, yaitu MINDSET kamu mengenai move on yang masih perlu diluruskan. Selama ini mungkin kamu memiliki prinsip bahwa move on itu tentang melupakan mantan, atau melupakan kenangan yang sudah berlalu. Percayalah, sekeras apapun usaha kamu, kamu tidak akan bisa melupakan mantan atau kenangannya. Pikiran manusia tidak pernah didesain untuk melupakan sesuatu.

Apapun yang telah masuk ke dalam pikiranmu, akan tersimpan rapi dalam tatanan memori yang sudah diprogram dalam otakmu. Semua ingatan kamu dari kecil sampai saat ini masih ada. Namun cara kerja pikiran manusia itu unik, pikiran manusia secara OTOMATIS akan menata memori pengalaman-pengalaman tersebut untuk diingat dan dikeluarkan. Dengan kata lain, sesuatu yang seolah kamu lupakan sebenarnya tidak hilang dari pikiran kamu. Memori tersebut hanya tertumpuk memori-memori baru yang masuk setiap harinya.

Satu keunikan lain dari pikiran kita, ia mampu membedakan informasi yang diprioritaskan dan tidak diprioritaskan. Maksudnya, pikiran akan membedakan memori tersebut akan mudah diakses oleh pikiran kita atau tidak atau sering kita sebut dalam bahasa sehari-hari dengan sebutan "pengalaman paling berkesan". Pengalaman berkesan adalah pengalaman yang diprioritaskan oleh pikiran kita sehingga lebih mudah terakses oleh pikiran kita.

"Apa yang membuat sebuah kenangan/pengalaman menjadi prioritas dalam memori kita?"

Jawabannya sederhana, semakin tinggi tingkat emosional dari pengalaman tersebut maka semakin mudah kamu mengingat kembali pengalaman masa lalu kamu. Sensasi emosional tersebut bukan hanya bahagia, tetapi bisa juga dalam bentuk marah, jijik, terharu, bahagia, cemburu, terharu, terkejut, benci dan lain sebagainya. Itu yang dimaksud pengalaman paling berkesan, karena ada sensasi emosional didalamnya.

Coba ingat lagi saat kamu masih kecil dulu, pasti ada pengalaman yang paling berkesan. Coba identifikasi emosi apa yang terkandung di pengalaman tersebut. Jika pengalaman masa kecil kamu saja kamu tidak dapat melupakan, apalagi pengalaman kemarin yang baru saja kamu alami? itu hal yang wajar. Jadi stop berpikir move on itu tentang melupakan! Lakukan saja hal-hal baru yang menyenangkan, masukkan memori-memori baru yang penuh kesan agar nanti kenangan kamu bersama mantan kamu ada di tempat yang rapi oleh pikiran.


Move on tidak pernah tentang melupakan, tapi menerima keadaan dengan jujur bahwa dia bukan lagi milikmu.
kesalahan saat move on
Image : freepik.com

Gun Abraham | Author of www.dukuncurhat.com | Certified Hypnotist & Hypnotherapist | A Counselor |

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b> .
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i> .
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u> .
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike> .
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre> , dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.