Cemburu Bukan Tanda Bukti Cinta

watch_later
Dukun curhat kali ini akan membahas mengenai "Cemburu Bukan Tanda/  Bukti Cinta". Cemburu menjadi satu topik yang cukup mearik untuk dibahas dalam hal hubungan asmara. Kalau Anda bertanya pada 300 orang maka lebih dari 50% nya akan setuju bahwa cemburu adalah bukti cinta. Terlihat masuk akal memang, apalagi jika banyak orang yang menyetujui pernyataan tersebut maka akan semakin terlihat benar. Ditambah lagi sebagian bahkan menggunakan kecemburuannya sebagai tolok ukur kecintaan terhadap pasangannya. Kalau tidak ada cemburu sama sekali, maka tidak dianggap cinta.

Jika Anda adalah bagian dari orang yang memiliki pemikiran seperti di atas, maka coba cek kembali pemahaman Anda mengenai relahtionship. Karena cinta tak pernah memiliki rasa cemburu, sama sekali. Alasan yang membuat Anda merasakan cemburu hanya satu hal yaitu "EGO". Baca dahulu mengenai mekanisme pertahanan ego.

"Terus kalau pacar kamu deket sama banyak cewek, masa kamu nggak cemburu?" begitu pertanyaan Anda bukan?

Baik, kita bicara pelan-pelan. Jika Anda pernah membaca mengenai Cognitive Psychology, maka Anda tidak akan asing dengan apa yang disebut "ketakutan irrasional". Satu ketakutan yang muncul tanpa sebab yang jelas, seolah hal tersebut muncul begitu saja tanpa Anda mau. Dalam hal ini adalah cemburu, cemburu adalah satu bentuk ketakutan irrasional yang menimpa Anda dalam setiap hubungan. Seloah rasa cemburu muncul begitu saja pada diri Anda, seolah itu berada diluar kendali Anda. Namun, jika Anda memahami lebih jauh maka Anda akan tahu bahwa rasa cemburu yang muncul dalam diri Anda adalah satu rangkaian proses yang bisa di STOP!

Saat cemburu, Anda merasa ketakutan yang luar biasa. Ketakutan bahwa ia akan meninggalkan Anda, ketakutan ia Akan direbut orang lain, ketakutan bahwa ia akan tertarik pada orang lain. Semua yang Anda rasa hanya takut, takut, takut, dan takut! Ketakutan yang awalnya berasal dari perasaan itu akhirnya terwujud dalam bentuk sikap-sikap Anda yang aneh dan membuat pasangan Anda tidak nyaman seperti marah, curiga, posesif, dan tingkah aneh lainnya. Maka tidak aneh kenapa banyak kasus pembunuhan terjadi karena dasar rasa cemburu. Kalau itu yang Anda sebut cinta, maka silahkan jalani hidup percintaan Anda dengan cara seperti itu.

Untuk Anda yang lebih memilih cinta yang bahagia dan membahagiakan, dewasa, dan penuh pengertian maka silahkan teruskan membaca tulisan ini. Karena kita akna membahas mengenai "darimana ketakutan tersebut berasal?". Ketakutan yang Anda rasakan berasal dari beberapa hal seperti:

1. Minder dan Tidak Percaya Diri

Orang yang minder akan merasa cemburu jika pasangannya bergaul dengan orang lain yang ia rasa kualitasnya terlihat lebih tinggi dari dirinya. Contoh: Seorang wanita berpasangan pria keren, terkenal, dan menjadi idola para wanita cantik disekelilingnya. Jika si wanita percaya diri, maka si wanita akan ikut senang jika pasangannya terlihat luar biasa. Berbeda jika si wantia ini minder, maka ia akan mulai melarang, marah, cemburu, curiga, dll.

2. Rasa Kepemilikan Yang Terlampau Melekat
Mungkin orang semacam ini adalah barang, bukan manusia! Maka ia membuat pasangannya HARUS menjadi miliknya seorang. Jika orang tersebut menganggap pasangannya manusia, maka ia akan membiarkan pasangannya memiliki kehidupan, pergaulan, dll.

3. Ego Mencari Rasa Aman
Ini agak mirip dengan poin sebelumnya, namun orang semacam ini akan lebih berusaha mengontrol pasangannya, membuat pasangannya seperti robot yang harus menuruti apa yang ia mau. Semua karena ia merasa terancam dengan keadaan asing atau sesuatu yang ia tidak ketahui secara pasti.

4. Trauma
Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman seseorang di masa lalu sangat berpengaruh terhadap sikap dan karakter dia saat ini. Untuk Anda yang memiliki masalah ini maka segeralah lakukan konslutasi dengan ahlinya, Anda bisa datang ke psikolog, konselor, atau di Dukun Curhat.

5. Pendidikan yang Salah.
Ini adalah masalah yang hampir semua orang alami. Banyak sekali orang terjebak oleh artikel dari blog, majalah, atau novel yang membahas mengenai cinta termasuk televisi dan pendapat orang sekitar anda. Hal tersebut masuk ke dalam pikiran lalu mengendap dalam pikiran bawah sadar yang membentuk Anda seperti saat ini. Semua itu menumbuhkan ketakutan-ketakutan yang kita bahas diatas tadi.
Ingat sekali lagi, cemburu itu hanyalah BUKTI ADA YANG SALAH PADA DIRI ANDA... BUKAN BUKTI CINTA!

Cemburu bukan tanda bukti cinta
Img Search: http://combiboilersleeds.com

Gun Abraham | Author of www.dukuncurhat.com | Certified Hypnotist & Hypnotherapist | A Counselor |

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b> .
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i> .
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u> .
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike> .
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre> , dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.