Merasa Sakit saat Move On, Ini dia Alasannya!

watch_later
Bicara tentang move on maka bicara tentang melepaskan sesuatu, dalam hal ini adalah seseorang yang pernah menjadi bagaian dalam hidup kita. Tak jarang kita merasakan sakit saat move on, bahkan bagi sebagian orang proses ini lebih mengerikan daripada terjun dari jembatan setinggi 999 meter. Mungkin bisa dikatakan lebih menyakitkan daripada dihujam seribu pedang. Namun apa sih sebenarnya yang menyebabkan rasa sakit itu muncul?

Merasa Sakit saat Move On
Img: http://thelisteningaunt.com


Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya berjudul move on bukan tentang melupakan, disana saya sedikit menyinggung tentang pengalaman yang menjadi prioritas. Pengalaman yang menjadi prioritas tersebutlah yang menjadikan Anda merasakan sakit luar biasa. Silahkan baca terlebih dahulu mengenai pengalaman yang menjadi prioritas. Pengalaman yang menjadi priotitas ini yang pada akhirnya membuat memori Anda melekat pada pikiran Anda.

Nah disini bisa kita ambil satu kesumpulan sederhana bahwa yang membuat seseorang merasa sakit saat move on adalah karena melekatnya kesan emosional yang mendalam dengan mantan pasangan. Kesan emosional tersebut kemudian melahirkan ekspektasi-ekspektasi dan harapan yang berlebih. Semakin besar dan melekat sebuah harapan, maka akan semakin menyakitkan jika harapan tersebut tidak tercapai. 

Sayangnya akan semakin menyakitkan proses move on seseorang jika dilakukan dengan cara yang salah. Saya akan ibaratkan proses ini dengan melepas sesuatu yang melekat pada kulit Anda. Bayangkan jika ada selembar kain yang ditempelkan pada kulit Anda dengan dua jenis lem yang berbeda, tangan kanan ditempel dengan menggunakan lem kertas biasa, tangan kiri ditempel dengan lem yang sangat keras. Setelah lem tersebut sama-sama mengering, lalu Anda cabut dengan paksa kedua kain tersebut dari tangan Anda. Apa yang terjadi?

Jika keduanya ditarik dengan paksa dan cara yang sama maka sudah dapat memprediksikan hasilnya. Tangan kanan akan baik-baik saja, karena daya rekatnya tidak seberapa sedangkan tangan kiri akan mendapat luka yang sangat menyakitkan, karena lem tersebut sangat lengket. Lem yang saya maksud disini adalah ikatan emosional yang mendalam, ekspektasi-ekspektasi dan harapan yang tiba-tiba dipaksa untuk menghilang begitu saja. Semakin melekat sesuatu pada diri Anda, maka semakin sakit Anda melepasnya. Jadi, wajar saja saat proses move on sangat merasakan sakit. 

Apabila Anda menggunakan metode yang tepat saat melepaskan keterikatan tersebut maka Anda dapat meminimalisir luka dan rasa sakit yang Anda rasakan saat ini. Cara untuk melepas lem kertas tentu tidak dapat disamakan dengan cara melepas lem yang daya rekatnya jauh lebih tinggi. Lem kertas mungkin bisa saja ditarik paksa, atau bisa menggunakan air biasa. Sedangkan lem yang daya rekatnya lebih tinggi harus menggunakan cara yang berbeda dan lebih hati-hati dalam prosesnya.

Tulisan kali ini membuat saya ingat pada pepatah lama yang mengatakan bahwa "cintailah seseorang sekedarnya, jangan terlalu berlebihan". Ternyata benar, yang berlebihan itu tidak baik. Pepatah ini tidak mengajarkan seseorang untuk tidak boleh mencintai orang lain, tapi menurut pemahaman saya kalimat tersebut bisa bermakna; menjalani sebuah hubungan yang berhasil akan sangat membahagiakan, tapi jika itu gagal maka mungkin ada hal baik didalam kegagalan tersebut, kita hanya belum tau.

Selamat berproses sahabat semua, semoga proses Anda menyenangkan dan membahagiakan.

Semakin melekat sesuatu pada diri Anda, maka semakin sakit Anda melepasnya

Gun Abraham | Author of www.dukuncurhat.com | Certified Hypnotist & Hypnotherapist | A Counselor |

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b> .
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i> .
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u> .
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike> .
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre> , dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.